SDN 2 SURUH- “GEMAKAN DISKO” : GERAKAN MAKAN IKAN DAN SAYURAN DI SEKOLAH

SD Negeri 2 Suruh merupakan salah satu sekolah yang berada dalam lingkup korwil bidang pendidikan Kecamatan Suruh. Memiliki halaman yang luas dan taman-taman di sekitar yang asri membuat SD Negeri 2 Suruh dapat memberikan pelayanan yang nyaman bagi anak-anak untuk belajar dan berkarya. Jumlah siswa di SD Negeri 2 Suruh adalah 108 siswa dengan latar belakang pekerjaan orang tuanya sebagai petani dan karyawan swasta. Setiap hari jum’at, SDN 2 Suruh melaksanakan program Jum’at sehat yang kegiatannya yaitu anak-anak melaksankan senam pagi dan dilanjutkan kerjabakti membersihkan ruang kelas maupun lingkungan sekitar sekolah. Sewaktu istirahat, anak-anak diberikan kesempatan untuk makan dari bekal yang dibawa. Dari pengamatan bapak/ibu guru, ternyata banyak siswa yang bekalnya berupa makanan siap saji tanpa ada sayuran. Dari pengamatan tersebut, ditindaklanjuti oleh bapak/ibu guru dengan melakukan survey kepada anak-anak tentang kebiasaan porsi makanan di rumah. Dari hasil survey di kelas masing-masing ternyata banyak anak yang tidak suka makan ikan dan sayuran.

Dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa tidak hanya ditunjang dengan pembelajaran yang baik akan tetapi juga penanaman karakter dan kecerdasan otak dan tubuh yang sehat menjadi faktor penting untuk mencapai tujuan tersebut. GEMAKAN DISKO merupakan suatu upaya kami untuk memberikan pelayanan berupa penanaman karakter dan memperbaiki pola makan  anak-anak di SDN 2 Suruh yang tujuan akhirnya menjadikan anak-anak cerdas, sehat dan berkatakter.

Dengan membiasakan untuk gemar makan ikan dan sayuran maka diharapkan memberian dampak yang luar biasa bagi anak-anak dan orang tua. Karena dengan makan ikan dan sayuran merupakan salah satu cara untuk menjaga pola hidup sehat dan cerdas. Mengingat kandungan gizi yang diberikan oleh ikan dan sayuran sangat baik bagi perkembangan tubuh dan otak manusia.

GEMAKAN DISKO melibatkan peran wali murid dalam pelaksanaannya. Secara otomatis para orang tua /wali murid akan menyiapkan bekal untuk anak-anaknya dengan menu ikan dan sayuran di dalamnya. Program ini kami jalankan setiap hari Jum’at setelah kegiatan kerja bakti selesai.

Tujuan program GEMAKAN DISKO tersebut tidak hanya memperbaiki gizi anak-anak akan tetapi beberapa pembiasaan yang baik dapat tercapai  dalam kegiatan tersebut. Diantaranya bagaimana adab makan yang baik misalnya berdoa sebelum dan sesudah makan dan tidak kecap atau bebicara saat makan. Sebelum makan sebaiknya cuci tangan. Di situ akan dibiasakan cuci tangan yang benar. Ada pembiasaan antri juga, dimana anak-anak bergantian untuk cuci tangan baik sebelum makan dan sesudah makan. Secara ringkas, dengan GEMAKAN DISKO diharapkan menjadikan anak-anak akan tercukupi gizinya, sehat, cerdas, dapat berkonsentrasi dengan baik saat belajar, dan dapat melakukan kebiasaan yang baik saat makan.