SMPN 3 MUNJUNGAN- “KERAANGAN” : Solusi Atasi Perundungan di Kalangan Remaja dan Anak

Di wilayah Kecamatan Munjungan bagian timur terdapat enam SD/MI dan satu SMP. Berdasarkan survey pada pertengahan  Februari 2020 terhadap 160 siswa dari tujuh sekolah tersebut, diperoleh data bahwa pengetahuan anak-anak SD dan remaja SMP tentang perundungan masih kurang (41%), risiko terjadinya perundungan cukup tinggi (52%) dan penanganan kasus perundungan kurang maksimal (44%).

KERAANGAN merupakan sebuah inovasi yang memberdayakan pendidik sebaya untuk mencegah dan mengatasi perundungan dikalangan anak dan remaja..

Aksi yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan ada tiga macam yaitu: edukasi, kegiatan positif (kreativitas & produktivitas), dan penguatan peran (pendidik, orang tua, pihak berwenang).

Inovasi KERAANGAN sangat relevan dengan kebutuhan anak dan remaja sehingga berdampak pada peningkatan pengetahuan tentang perundungan (94%), penurunan angka risiko perundungan (20%), dan peningkatan penanganan kasus perundungan (94%). Kegiatan inovasi KERAANGAN melibatkan berbagai pihak termasuk masyarakat dan instansi terkait baik dalam pelaksanaan, pembiayaan, maupun evaluasinya.