SDN 1 SAWAHAN PANGGUL – “GELAR PROJECT” : UPAYA MENINGKATKAN DAYA SAING ANAK-ANAK SD DI DAERAH PEDESAAN

Kecamatan Panggul merupakan salah satu wilayah di Kabupaten Trenggalek yang jauh dengan pusat kota. Jarak tempuh Kecamatan Panggul dengan pusat kota mencapai 2 jam. Mayoritas lokasi sekolah berada di daerah pedesaan dan pegunungan. Dengan keterbatasan fasilitas dan informasi, guru yang mengajar di daerah pinggiran dan pelosok masih mengalami kesulitan untuk meningkatkan daya saing anak – anak sekolah dasar. Demikian yang dihadapi SDN 1 Sawahan, sebagai sekolah dasar yang berlokasi di daerah pinggiran.
GELAR PROJECT merupakan inovasi progam pembiasaan di sekolah dasar yang dapat dilaksanakan menggunakan zero budgeting. Dengan penerapan pembiasaan GELAR PROJECT anak – anak sekolah dasar di daerah pedesaan dan pegunungan di Kecamatan Panggul, khususnya di SDN 1 Sawahan, dapat mengembangkan potensi terbaiknya. GELAR PROJECT mendukung pengembangan 21st Century Skill, yang meliputi Critical Thinking, Creativity, Collaboration dan Communication.
GELAR PROJECT dapat meningkatkan kemampuan peserta didik di SDN 1 Sawahan secara signifikan. Kemampuan berkomunikasi Bahasa Inggris meningkat dari 20% menjadi 75%. Motivasi meningkat dari 40% menjadi 80%. Rasa percaya diri meningkat dari 50% menjadi 90%. Pemahaman meningkat dari 40% menjadi 80%. Dan Kemamampuan mengomunikasikan ide dalam presentasi juga meningkat dari 40% menjadi 80%.
Implementasi GELAR PROJECT mendapat dukungan dari seluruh guru dan kepala sekolah SDN 1 Sawahan, komite sekolah, paguyuban kelas, dan pengawas sekolah di Kecamatan Panggul. Program GELAR PROJECT berpotensi untuk diimplementasikan di sekolah lainnya agar dapat meningkatkan daya saing anak – anak di daerah pinggiran dan pelosok, melalui Kerjasama dengan Dinas Pendidikan, Korwil, K3S, Gugus, Kepala Sekolah dan Guru.